Review State of Play dan Analisis Adegan Yang Mengimplementasikan 9 Elemen Jurnalisme


      State of Play merupakan film yang berbau politik, dimana diceritakan seorang wartawan dari Washington Globe Cal Mc Gafrey yang menguak kematian Sonia Baker yang merupakan asisten anggota kongres di Amerika yaitu Stephen Collins. Yang awalnya diceritakan terjadinya pembunuhan terhadap pengguna narkoba dan tertembaknya pengantar pizza, lalu keesokan harinya diberitakan bahwa Sonia Baker meninggal diduga bunuh diri. Banyak spekulasi yang muncul ketika Sonia Baker meninggal, terutama ketika Stephen Collins yang menangis ketika mengucap bela sungkawa terhadap Sonia Baker sang asisten sekaligus selingkuhannya.
Pada awalnya Cal tidak ingin membantu menguak kasus tersebut, namun karena rasa persahabatan yang ia miliki dengan Stephen Collins dan adanya kejanggalan terhadap kasus bunuh dirinya Sonia Baker maka Cal mencari kebenaran atas berita tersebut bersama Della Frye. Lalu terkuak bahwa kematian Sonia Baker memiliki hubungan dengan pengguna narkoba tersebut dan terkuak pula bahwa sebenarnya Sonia Baker merupakan mata-mata yang dikirim oleh  Point Corp untuk memata-matai Stephen Collins. Namun seiring berjalannya waktu Sonia Baker jatuh cinta dengan Stephen Collins dan mengandung anak dari hasil hubungan gelap tersebut.
Namun dari sekian banyaknya informasi yang didapatkan, Sonia Baker tidak melakukan bunuh diri melainkan dibunuh oleh Robet Bingham yang merupakan suruhan Stephen Collins karena ternyata dia mengetahui bahwa Sonia Baker bekerja untuk Point Crop. Walaupun pada awalnya Robet Bingham hanya ditugaskan untuk memata-matai Sonia Baker, namun ia pada ahirnya membunuhnya tanpa ijin dari Stephen Collins  dikarenakan ia benci kepada Point Crop. Cal yang mengetahui kebenara tersebut, memaggil polisi untuk menangkap Stephen Collins. Lalu Cal menulis artikel mengenai kebenaran yang terjadi walaupun ia mengorbankan hubungan persahabatannya dengan Stephen Collins.


Analisis Adegan Yang Mengimplementasikan 9 Elemen Jurnalisme :

1. Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran.

Adegan : Ketika Cameron Lynne menyuruh Cal Mc Gafrey untuk mengengkat berita mengenai Rodha Silver tema sekamar Sonia Baker yang membahas topik sekandal sex dengan anggota kongres Stephen Collins. Namun Cal menentangnya dikarenakan Rodha Silver tidak bisa di percaya dan dia hanya menumpang ketenaran diatas kematian Sonia Baker, dan sedangkan Cal memiliki kebenaran berita mengenai Point Crop.


2. Loyalitas pertama jurnalisme adalah kepada warga (citizens).

Adegan : Adegan ini dicerminkan dengan kegigihan Cal dalam menuliskan kebenaran berita mengenai Sonia Baker. Walaupun media lain sudah menerbitkan berita mengenai Sonia Baker, namun Cal sangat berhati-hati dalam menuliskan berita tersebut. Ia selalu mencari informasi yang tepat agar publik mengetahui kebenaran mengenai Sonia Baker.


3. Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi.

Adegan : Sebagai jurnalistik cal tidak mengarang atau menambah mengenai berita yang ia dapatkan, dan Cal selalu mencari kebenaran tentang berita yang ia angkat. Bahkan ia tidak terpengaruh dengan berita-berita yang telah tersebar di media-media lain, karena ia hanya percaya degan apa yang didapatkan. 


4. Jurnalis harus menjaga independensi dari obyek liputannya. 

Adegan : Sebagai seorang wartawan Cal tetap menguak dan menulis berita mengenai kematian Sonia Baker, walaupun yang terlibat dengan kasus tersebut merupakan anggota kongres Amerika namun Cal tetap menulis berita tanpa menutup-nutupinya. Sifat itulah yang membuktikan bahwa Cal menjaga independensi dari obyek liputannya dari kelas atau setatus sosial. 


5. Jurnalis harus bertindak sebagai pemantau independen terhadap kekuasaan kekuasaan. 

Adegan :
·         Ketika anggota kongres melakukan konfrensi pers untuk mengucapkan bela sungkawa kepada Sonia Baker
·         Cal mencari informasi dengan menyuruh Michael mencarikan orang yang mengenal lebih dalam mengenai tubuh Point Crop agar lebih mudah dan lebih akurat mencari informasi untuk disebar luaskan kepada khalayak.

      
6. Jurnalisme harus menyediakan forum bagi publik untuk komentar, kritik, dan kompromi publik. 

Adegan : Dimana Washington Globe menerima telfon masyarakat untuk meminta keterangan yang lebih lanjut dan meminta kebenaran mengenai berita yang mereka buat.


7. Jurnalis harus berusaha membuat hal penting menjadi menarik dan relevan. 

Adegan : Untuk membuat berita menjadi menarik dan relevan Cal dan Della menunda penerbitan berita dikarenakan mereka terus mencari kebenaran dari berita yang akan mereka angkat, dan merekapun tidak peduli mengenai berita-berita yang diterbitkan oleh media lain. Karena mereka hanya ingin masyarakat mengkonsumsi berita yang memiliki kemasan bagus dan akurat.


8. Jurnalis harus menjaga agar beritanya komprehensif dan proporsional. 

Adegan :
·         Mewawancarai anggota kongres Stephen Collins tentang permasalahan yang ada, dan Cal dapat menempatkan diri sebagai sahabat sekaligus sebagai wartawan.
·         Cal melakukan riset hingga mengecek hp dari mayat si pengguna narkoba untuk mencari tau siapa saja yang berhubungan dengan dia dan menemukan bahwa nomor Sonia Baker di dalam hp tersebut.
·         Ketika Cal menyuruh Della untuk meminta rekaman kamera dari stasiun metro kepada Letnan Leon Comey
·         Mencari dan mewawancarai Dominic Foy untuk meminta keterangan mengenai Sonia Baker


9. Jurnalis memiliki kewajiban untuk mengikuti hati nurani mereka. 

Adegan : Ketika yang pada awalnya Cal mengambil berita kematian Sonia Baker hanya untuk membantu membersihkan nama Stephen Collins dari dugaan isu perseligkuhan. Namun setelah mencari informasi yang lebih lanjut mengenai berita tersebut Cal mendapatkan fakta yang sesungguhnya, dan ia bahkan memanggil polisi untuk menangkap Stephen Collins dan iapun tetap menulis dan menerbitkan berita yang sesungguhnya. 

0 komentar