Pesona Alam Purbalingga Dengan Rumah Kurcaci di Dalamnya

Dengan keindahan alam yang tidak ada tandingannya di negara manapun di dunia. Indonesia kita memberikan pesona alam dari darat hingga laut, alam yang paling terkenal di mancanegara yaitu keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga timur. Namun tak kalah dengan keindahan pantainya yang terbentang luas, Indonesia merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Keindahan hutan di Indonesia memang tidak diragukan lagi, dengan hamparan pohon yang tumbuh berdampingan membuat mata terhipnotis dengan selimut hijau yang memancarkan keindahan Indonesia ini.

Indonesia terbentuk dengan keanekaragamaan, termasuk keanakeramagam obyek wisata yang menghiasi Indonesia. Cita rasa yang berbeda disetiap daerah memunculkan berbagai jenis makanan maka dari itu Obyek wisata kuliner Indonesia wajib ditaklukan oleh wisatawan yang menyukai makanan, keberbedaan budaya dan teknologi-teknologi yang ada terangkum dalam Obyek wisata edukasi. Selain itu yang sangat menonjol dari Indonesia yaitu obyek wisata alamnya, baik yang terbentuk secara alamiah maupun buatan turut menghiasi Indonesia kita.


­Seperti obyek wisata Rumah Kurcaci yang berada di Purbalingga. Udara yang panas menghantarkan perjalanan kami dari Purwokerto hingga ke Purbalingga, tak lupa dengan hal yang paling pokok dan tak terlupakan yaitu ban bocor dan tersesat entah dimana. Ketika sudah mendapati jalan yang benar, rintangan selanjutnya yaitu jalan yang berliku dan menanjak untuk mengantarkan ke Rumah Kurcaci. Setelah melewati perjalanan yang sedemikian rupa ahirnya tiba saatnya hawa dingin menyambut kedatangan kami di kawasan desa wisata serang, setelah melalui perjalanan kurang lebih satu setengah jam. Hawa dingin yang membuat lupa bahwa kita sudah melalui perjalanan yang sangat membuang energi.

Hamparan pohon yang tumbuh sangat tinggi menyambut perjalanan kami di obyek wisata Rumah Kurcaci. wisata berbasis alam hadir memanjakan wisatawan yang datang ke Rumah Kurcaci Purbalingga, Jawa Tengah. Tak cuma Lembang, Bandung, Jawa Barat yang punya wisata ala The Hobbit, di purbalingga juga memiliki obyek wisata ala The Hobit. Lokasi Kampung Kurcaci pun sangat sejuk, mirip seperti di Lembang Bandung. Bahkan, suasananya lebih dingin karena berada di kaki Gunung Slamet dan disekitarnyapun tumbuh hutan pohon damar yang sudah berusia ratusan tahun. Hal ini membuat wisatawan betah berlama-lama di Rumah kurcaci.
Awalnya Rumah Kurcaci ini merupakan sekolah alam untuk anak-anak desa, dan untuk menarik minat anak-anak setempat dibuatkan suasana beserta rumah-rumah kurcaci seperti film The Hobbit dan ternyata dengan suasana yang seperti itu menarik minat anak-anak. Namun ternyata tidak hanya menarik minat anak-anak desa setempat saja, banyak wisatawan yang datang berkunjung kemudian berfoto untuk diunggah ke media sosial.

Dibalik kata Rumah Kurcaci tidak menandakan bahwa penduduk setempat memiliki postur tubuh yang kecil-kecil. Melainkan ketika berada di bawah rindangnya pohon yang besar dan menjulang tinggi, manusia terlihat sangat kecil seperti kurcaci. Dengan filosofi seperti itu wisatawan yang berkuncung ke Rumah Kurcaci diajak untuk berintropeksi diri bahwa dikehidupan ini manusia adalah mahluk yang kecil, sehingga kita harus selalu bersyukur dan saling tolong menolong terhadap sesama. Di Rumah Kurcaci ini kita akan disuguhkan dengan hutan yang asri, udara yang segar, suasana yang daman, dan kita juga dapat merasakan persahabatan yang hangat.
Selain disuguhkan dengan keindahan alam dan rumah-rumah kurcaci, obyek wisata ini juga menyediakan berbagai wahana permainan. Seperti Rumah Pohon, Play Ground, Hammock Rempong, Perpustakaan Kurcaci, Arena Permainan Tradisional, Curug Lawang, Camping Ground, Giant Swing, Pendakian Gunung Kelir. Maka dari itu tempat ini sangat cocok untuk di kunjungi, terlebih ketika kita merasakan penat dan sesaknya suasana kota.

Ketika kalian akan berpergian ke obyek wisata, terutama obek wisata yang berada di kaki gunung ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti :

- Kesehatan motor
Hal yang perlu diperhatikan dari kesehatan motor yaitu ban motor, gamau kan tiba-tiba di jalan ban motor bocorrr. Selain itu rem motor, karena pada saat perjalanan turun kita sangat amat membutuhkan rem. Dan yang tidak boleh lupa yaitu bensin, isilah bensin sebelum berpergian karena tidak ada pos pengisian bensin ketika perjalanan naik.

-  Sarung tangan
Mengapa sarung tangan? Karna sebelum kita menginjak di kaki pegunungan, terik matahari masih menghantui perkotaan. Jadi jika tidak mau belang, maka harus dan wajib menggunakan sarung tangan

- Jaket
Memang rasanya panas sekali menggunakan jaket terutama jika masih di perkotaan. Namun selain jaket melindungi diri dari teriknya panas matahari, ketika sudah menginjak di kaki gunung udaranya sangat dingin. Jika jaket terlalu lebay, bisa menggunakan pakaian yang dirasa cukup hangat ketika sudah berada di kaki gunung.

- Kamera
Rasanya ada yang kurang jika berpergian wisata tidak membawa kamera, maka dari itu kamera wajib didalam daftar yang akan di bawa yaaaaa ^_^
Hal-hal diatas merupakan beberapa yang harus disiapkan, bisa dikatakan hal pokok yang harus disiapkan ketika berpergian.


2 komentar