PENOLAKAN WARGA PURWOKERTO LOR TERHADAP PEMBUATAN TOWER

PURWOKERTO – Warga Rt o4 Rw 02 kelurahan Purwokerto Lor , kecamatan Purwokerto Timur dan sekitarnya menolak pemasangan tower telekomunikasi. Aski protes tersebut ditunjukan dengan demo kecil di rumah RW 02 dan pemasangan banner yang menyatakan penolakan terhadap pembangunan mini tower, banner-banner tersebut dipasang di ruas jalan.


Warga mengira pembuatan tower hanya wacana, karena hal itu disampaikan oleh RW dengan tidak serius pada saat sedang menggelar acara arisan, maka dari itu warga mengira hal itu hanya sebuah wacana. Namun setelah kurang lebih 4 bulan berlangsung, material pembuatan mini tower datang tanpa pembicaraan lebih lanjut dengan warga RT 04 hanya warga-warga area terdekat saja yang diberitahu (area ring 1) oleh RW. Maka dari itu aksi demo dilaksanakan untuk menuntut kejelasan mengenai material dan pembuatan tower tersebut. Lokasi pembangunan tower berada di wilayah RT 04 di dalam pemukiman penduduk. “Warga menolak karena sosialisasi berlangsung sesudah material datang tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu dan pembangunan di lakukan tanpa persetujuan seluruh warga. Selain itu tower ini dibangung di pemukiman yang padat penduduk, bahkan di bawah tower juga ada rumah penduduk,” kata Bambang.

Rencana pembangunan tower tersebut milik salah satu provider seluler terbesar di Indonesia. Bambang menjelaskan bahwa penolakan warga bukan semata-mata karena uang, namun demi keselamatan dan keamanan warga sekitar.  “Bukan semata karena uang kami menolak, tapi lebih ke selamatan warga. Rencana pembangunan tower ini memang sudah disosialisasi sesudah demo kecil-kecilan berlangsung, namun sosialisasi tersebut tidak ada penjelasan lebih lanjut dari provider seluler mengenai hal-hal yang di tanyakan oleh warga,” Kata Bambang. Lebih lanjut Bambang menyatakan pada saat sosialisasi dengan pihak provider dan ia menanyakan mengenai berita acara, namun tidak di beri tahukan dan tidak ada kejelasan lebih lanjut hingga saat ini. Hal itu membuat warga menindak lanjuti aski demonya dengan memasang banner di ruas jalan yang menyatakan dengan tegas terhadap penolakan terhadap pembangunan tower.

1 komentar