Pengaruh Citra Terhadap Konsumen Wardah


Wanita Indonesia mana yang tidak kenal dengan brand kosmetik bernama wardah? Sejak 17 tahun hadir di pasar kosmetik Indonesia, Wardah membentuk citra mereknya sebagai brand kosmetik HALAL. Citra yang telah dikantongi oleh Wardah ini membuat wanita muslim di Indonesia tidak takut untuk memakai produk wardah, dikarenakan bahan yang terkandung dalam produk wardah terjamin ke halalannya. Selain citra yang Halal yang di kantongi oleh Wardah, ada strategi lain dalam membentuk citranya yang semakin kuat yaitu melalui periklnan. Dimana Konsep dari iklan Wardah sendiri mengusung nuansa modern yang dipadu dengan nuansa harmonis sehingga terlihat semakin elegan dan tak lupa dengan menyebutkan tagline disetiap iklan yang ada. Tentu saja hal ini memberikan efek yang signifikan bagi mereka yang sudah menggunakan maupun yang belum pernah menggunakannya.
Wardah tidaklah cukup hanya mengantongi citra Halal di kalangan masyarakat muslim saja, kini Wardah meningkatkan citranya agar membentuk citra yang lebih universal dan menggunakan slogan Inspiring Beauty. Slogan tersebut digunakna utuk menajak untuk mengajak pengguna kosmetik untuk menggunakan produk dari Wardah karena mutunya terjamin, sehingga produknya dapat terkenal disemua kalangan masyarakat tidak hanya di kalangan masyarakat muslim saja. Hal ini terbukti ketika Wardah megadakan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek Wardah dikalangan non-muslim. Halis penelitian menunjukan citranya berpengaruh positif yang mempengaruhi 49,8% keputusan pembelian konsumen dan 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa Wardah sukses dalam meningkatkan citranya.
Pembentukan citra mengacu pada pola pertumbuhan perusahaan, dalam kasus ini Wardah memiliki pola pertumbuhan Stars. Yaitu dimana perusahaan mengalami pertumbuhan pasar yang baik dan citra dikembangkan untuk memberikan pemahaman kepada publik bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab publik yang kuat. Dalam ini dibuktikan dengan tidak gencarnya Wardah dalam membangun citra yang universal, dan memberikan pemahaman kepada public bahwa kosmetik yang di pasarkan Halal sehingga aman digunakan untuk berbagai kalangan dan berbagai macam jenis kulit.
Citra yang digunakan Wardah memiliki Esensi Komunikasi Public Relations, yaitu Mengubah sikap (to change attitude), Mengubah opini (to change opinion),  serta Mengubah perilaku (to change behavior) di msyarakat. Dari yang awalnya masyarakat mengira product Wardah hanya di perkenalkan untuk masyarakat muslim saja, hingga ahirnya citra yang baru mengubah sikap, opini, dan perilku masyarakat terhadap kosmetik wardah yang sekarang dikenal untuk semua kalangan karena citranya yang Halal dan harganya yang terjangkau.
Citra yang dimiliki Wardah termasuk dalam Multiple Image, dimana citra yang di publikasikan kepada khalayak sesuai dengan realita yang ada. Masyarakat dapat melihat realita yang sebenarnya dengan citra Wardah, yaitu dilihat dari segi keamanannya yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan dengan adanya  sertifikat halal dari LPPOM MUI. Dengan adanya buki-bukti diatas maka citra yang di buat oleh wardh bukan hanya tagline saja, namun benar-benar sesuai dengan realita yaitu kosmetik dengan kandungan bahan-bahan yang halal maka Wardah image yang di munculkan oleh wardah sangat cocok dengan citra yang dibuat.

Proses yang dijalani Wardah dalam membangun citra yang universal sangatlah tidak mudah, karena Wardah harus mengubah opini masyarakat mengenai produknya yang tentu saja bisa digunakan oleh diberbagai kalangan, tidak hanya oleh masyarakat muslim saja. Yang awalnya Wardah memiliki Negative Situation karena masyarakat hanya mengecap product Wardah hanya di perkenalkan untuk masyarakat muslim saja tetapi kini Wardah memiliki Positive Situation karena telah tumbuhnya simpati (Sympathy) dari masyarakat terhadap citra yang universal ini. Masyarakatpun menerima (Acceptance) product Wardah dengan terbuka dan product Wardah menimbulkan ketertarikan (Interest) tersendiri dalam masyarakat dikarenakan packaging yang elegan dan produknya memiliki kualitas yang tinggi namun ditawarkan dengan harga yang terjangkau. 

0 komentar