Pengaruh Citra Terhadap Konsumen Wardah
Wanita Indonesia mana yang tidak kenal dengan brand
kosmetik bernama wardah? Sejak 17 tahun hadir di pasar kosmetik Indonesia,
Wardah membentuk citra mereknya sebagai brand kosmetik HALAL. Citra yang telah dikantongi
oleh Wardah ini membuat wanita muslim di Indonesia tidak takut untuk memakai
produk wardah, dikarenakan bahan yang terkandung dalam produk wardah terjamin
ke halalannya. Selain citra yang Halal yang di kantongi oleh Wardah, ada
strategi lain dalam membentuk citranya yang semakin kuat yaitu melalui
periklnan. Dimana Konsep dari iklan Wardah sendiri mengusung
nuansa modern yang dipadu dengan nuansa harmonis sehingga terlihat semakin
elegan dan tak lupa dengan menyebutkan tagline disetiap iklan yang ada. Tentu
saja hal ini memberikan efek yang signifikan bagi mereka yang sudah menggunakan
maupun yang belum pernah menggunakannya.
Wardah tidaklah cukup hanya mengantongi citra Halal di
kalangan masyarakat muslim saja, kini Wardah meningkatkan citranya agar membentuk citra yang lebih universal dan
menggunakan slogan Inspiring Beauty. Slogan
tersebut digunakna utuk menajak untuk
mengajak pengguna kosmetik untuk menggunakan produk dari Wardah karena mutunya
terjamin, sehingga produknya
dapat terkenal disemua kalangan masyarakat tidak hanya di kalangan masyarakat
muslim saja. Hal ini terbukti ketika Wardah megadakan penelitian menggunakan
metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui
pengaruh citra merek Wardah dikalangan non-muslim. Halis penelitian menunjukan
citranya berpengaruh positif yang mempengaruhi 49,8% keputusan pembelian konsumen
dan 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa
Wardah sukses dalam meningkatkan
citranya.
Pembentukan citra mengacu pada pola pertumbuhan perusahaan,
dalam kasus ini Wardah memiliki pola pertumbuhan Stars. Yaitu dimana perusahaan mengalami pertumbuhan pasar yang
baik dan citra dikembangkan untuk memberikan pemahaman kepada publik bahwa
perusahaan memiliki tanggung jawab publik yang kuat. Dalam ini dibuktikan
dengan tidak gencarnya Wardah dalam membangun citra yang universal, dan
memberikan pemahaman kepada public bahwa kosmetik yang di pasarkan Halal
sehingga aman digunakan untuk berbagai kalangan dan berbagai macam jenis kulit.
Citra yang digunakan Wardah memiliki Esensi Komunikasi Public Relations, yaitu Mengubah sikap (to change attitude), Mengubah opini (to
change opinion), serta Mengubah
perilaku (to change behavior) di msyarakat. Dari yang awalnya
masyarakat mengira product Wardah hanya di perkenalkan untuk masyarakat muslim
saja, hingga ahirnya citra yang baru mengubah sikap, opini, dan perilku
masyarakat terhadap kosmetik wardah yang sekarang dikenal untuk semua kalangan
karena citranya yang Halal dan harganya yang terjangkau.
Citra yang dimiliki Wardah termasuk dalam Multiple
Image, dimana citra yang di publikasikan kepada khalayak sesuai dengan
realita yang ada. Masyarakat dapat melihat realita yang sebenarnya dengan citra
Wardah, yaitu dilihat dari segi keamanannya yang telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
dan dengan adanya sertifikat
halal dari LPPOM MUI. Dengan adanya buki-bukti diatas maka citra yang di buat
oleh wardh bukan hanya tagline saja, namun benar-benar sesuai dengan realita yaitu
kosmetik dengan kandungan bahan-bahan yang halal maka Wardah image yang di munculkan
oleh wardah sangat cocok dengan citra yang dibuat.
Proses yang dijalani Wardah dalam membangun citra yang
universal sangatlah tidak mudah, karena Wardah harus mengubah opini masyarakat
mengenai produknya yang tentu saja bisa digunakan oleh diberbagai kalangan,
tidak hanya oleh masyarakat muslim saja. Yang awalnya Wardah memiliki Negative
Situation karena masyarakat hanya mengecap product Wardah hanya di
perkenalkan untuk masyarakat muslim saja tetapi kini Wardah memiliki Positive
Situation karena telah tumbuhnya simpati (Sympathy) dari masyarakat
terhadap citra yang universal ini. Masyarakatpun menerima (Acceptance) product
Wardah dengan terbuka dan product Wardah menimbulkan ketertarikan (Interest)
tersendiri dalam masyarakat dikarenakan packaging yang elegan dan produknya memiliki
kualitas yang tinggi namun ditawarkan dengan harga yang terjangkau.
0 komentar