Kriteria Kelayakan Suatu Berita
Istilah News Value tidak asing lagi didalam dunia Jurnalistik, apa sih yang dimaksud dengan News Value? News Value merupakan kriteria kelayakan suatu berita. Tidak semua berita dapat dijadikan berita jurnalistik, ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi agar menjadi suatu berita seperti : Signifiicance, Time Lines, Proximity, Magnitude, Prominance, Concflict, Human Interest. Apa saja contoh dari masing-masing kriteria tersebut(?) Maka dari itu mari kita kaji dalam berita dibawah ini ^_^
Yogyakarta - Jogjakarta
International Furniture and Craft Fair Indonesia (JIFFINA) 2017 digelar di
Yogyakarta. JIFFINA yang merupakan pameran furnitur dan kerajinan yang masuk
dalam agenda pameran besar di Asia Tenggara digelar di Jogja Expo Center
tanggal 13-16 Maret 2017.
Ketua Pelaksana JIFFINA 2017, Endro Wardoyo mengatakan kelebihan dari pameran ini yakni perusahaan peserta pameran berada pada lingkungan sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah juga Jawa Timur.
Hal ini memungkinkan para pembeli untuk bisa langsung melakukan kunjungan ke pabrik atau workshop untuk mengetahui langsung tentang proses produksi maupun kapasitas perusahaan tersebut dalam memproduksi furnitur dan kerajinannya. Sehingga hubungan yang dibangun akan lebih intim dan menguatkan kepercayaan.
JIFFINA yang mengambil tema 'Indonesia Original Furniture Amd Craft Resources' menargetkan kehadiran para pembeli dari 65 negara pembeli dan yang sudah melakukan registrasi untuk kedatangannya ke pameran sebanyak 492 Buyers dari luar negeri. Sementara pesertanya berjumlah 260 perusahaan. Negara 5 besar yang konfirmasi hadir adalah Belanda, Jerman, Nigeria, USA dan Inggris.
"Secara statistik target buyers kita naik yakin 1000 buyers dari luar negeri dan 2000 buyersuntuk domestik. Target transaksi kali ini adalah 90 juta USD untuk transaksi on the spot, diharapkan meningkat dari tahun kemarin yang membukukan transaksi sebesar 75 juta USD," kata Endro Wardoyo saat konferensi pers di hotel Aston Yogyakarta, Jumat(10/3/2017).
Selain dikunjungi oleh pembeli luar negeri, juga dikunjungi para pembeli lokal yang rata-rata mereka bergerak dalam bidang properti dan perumahan. Dalam pameran ini juga diundang para pengusaha yang tergabung dengan Real Estate Indonesia (REI), para desainer dan arsitek bangunan, juga toko-toko besar mebel dari Jakarta yang berpusat di Kemang, Surabaya dan Bali. (mkj/mkj)
Ketua Pelaksana JIFFINA 2017, Endro Wardoyo mengatakan kelebihan dari pameran ini yakni perusahaan peserta pameran berada pada lingkungan sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah juga Jawa Timur.
Hal ini memungkinkan para pembeli untuk bisa langsung melakukan kunjungan ke pabrik atau workshop untuk mengetahui langsung tentang proses produksi maupun kapasitas perusahaan tersebut dalam memproduksi furnitur dan kerajinannya. Sehingga hubungan yang dibangun akan lebih intim dan menguatkan kepercayaan.
JIFFINA yang mengambil tema 'Indonesia Original Furniture Amd Craft Resources' menargetkan kehadiran para pembeli dari 65 negara pembeli dan yang sudah melakukan registrasi untuk kedatangannya ke pameran sebanyak 492 Buyers dari luar negeri. Sementara pesertanya berjumlah 260 perusahaan. Negara 5 besar yang konfirmasi hadir adalah Belanda, Jerman, Nigeria, USA dan Inggris.
"Secara statistik target buyers kita naik yakin 1000 buyers dari luar negeri dan 2000 buyersuntuk domestik. Target transaksi kali ini adalah 90 juta USD untuk transaksi on the spot, diharapkan meningkat dari tahun kemarin yang membukukan transaksi sebesar 75 juta USD," kata Endro Wardoyo saat konferensi pers di hotel Aston Yogyakarta, Jumat(10/3/2017).
Selain dikunjungi oleh pembeli luar negeri, juga dikunjungi para pembeli lokal yang rata-rata mereka bergerak dalam bidang properti dan perumahan. Dalam pameran ini juga diundang para pengusaha yang tergabung dengan Real Estate Indonesia (REI), para desainer dan arsitek bangunan, juga toko-toko besar mebel dari Jakarta yang berpusat di Kemang, Surabaya dan Bali. (mkj/mkj)
Sebuah berita memiliki
kelayakan kriteria layak berita agar dapat ditayangkan kepada public. Dilihat dari
sisi News Value, berita tersebut sudah memenuhi berita yang layak karena dilihat dari :
- Signifiicance : Berita JIFFINA 2017 ini dibuat untuk menarik pengunjung dan JIFFINA 2017 ini digelar sebagai ajang untuk
memamerkan beranekaragam furniture dan craft asli Indonesia kepada turis
mancanegara.
- Time Lines : Walaupun berita diatas belum berlangsung,
namun berita tersebut mengandung hal yang kekinian. Seperti yang diberitakan
bahwa event JIFFINA 2017 akan berlangsung tanggal 13-16 Maret 2017 di Jogja
Expo Center
- Proximity : Di dalam berita tersebut dijelaskan bahwa pembeli
dapat melakukan kunjungan ke pabrik dan langsung melihat proses produsi dan
melihat kapasitas perusahaan tersebut, sehingga dapat menguatkan kepercayaan
konsumen
- Magnitude : Hal ini dilihat dari pembeli dari luar negeri
yang sudah melakukan registrasi sebanyak 492 dan pesertanya yang berjumlah 260
perusahaan.
- Prominance : Jogjakarta International Furniture and Craft
Fair Indonesia (JIFFINA) 2017 yang akan digelar di Jogja Expo Center merupakan
agenda pameran besar di Asia Tenggara
- Concflict : Panitia JIFFINA menargetkan transaksi 90 juta
USD untuk transaksi on the spot, diharapkan meningkat dari tahun kemarin yang
membutuhkan transaksi sebesar 75 juta USD
- Human Interest : JIFFINA 2017 ini mengambil tema “Indonesia
Original Furniture And Craft Resources” maka dalam kesempatan tersebut
menunjukan kerajinan furniture asli Indonesia kepada pembeli luar negeri
Itulah ke 7 kriteria layak berita, menurut pribadi berita tersebut sudah layak diberitakan karena aspek yang terkandung sudah terpenuhi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, see you soon ^_^
1 komentar
Tambahan wawasan nihh
BalasHapus